Jumat, 02 Desember 2016

Beragam Buah Berkhasiat untuk Turunkan Demam

Suhu tubuh yang meningkat atau disebut juga demam bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi pada tubuh. Tubuh yang tidak sehat sering diawali dengan naiknya suhu tubuh. Demam sendiri merupakan pertanda bahwa sel antibodi sedang melwan suatu virus yang menyernag tubuh. Ketika demam datang, seseorang umumnya akan mengalami panas dingin pada tubuh dan rasa tidak nyaman, sehingga membuat tubuh semakin lemas dan tidak nafsu makan.

Banyak orangtua yang merasa panik dan khawatir ketika anak mengalami demam. Bahkan, tidak sedikit para orangtua yang segera mencari obat atau ramuan untuk menurunkan demam anak

 

Anda tidak perlu panik, karena selain dengan pemberian obat penurun demam, juga ada cara sederhana yang bisa membantu menurunkan demam, yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan. Ada beberapa jenis buah yang memiliki khasiat untuk menurunkan demam, diantaranya adalah :
  • Jeruk
Bukanrahasia lagi jika jeruk termasuk buah yang kaya akan vitamin C, dimana salah satu manfaatnya adalah untuk mengembalikan imunitas tubuh. dengan begitu, otomatis suhu tubuh akan turun dengan cepat. Konsumsi jus jeruk untuk memulihkan kondisi tubuh yang sedang mengalami demam.
  • Delima merah
Delima termasuk salah satu buah yang ternyata mengandung banyak nutrisi, diantaranya antioksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh lebih cepat pulih dan suhu tubuh kembali normal.
  • Pisang
Pisang tidak hanya memiliki rasa yang lezat, namun kandungan nutrisinya juga tinggi, salah satunya seperti kalsium. Kandungan tersebut tidak hanya dapat memperbaiki sistem pencernaan yang menurut akibat demam, juga bisa menurunkan demam dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Semangka
Semangka sangat kaya akan kandungan air, vitamin B6 dan kalium, sehingga dapat membantu menyegarkan tubuh lebih cepat. Selain itu, ketika suhu tubuh meningkat, maka tubuh cenderung mengalami kekurangan cairan. Dengan mengonsumsi buah semangka, maka suhu tubuh akan lebih cepat turun.
  • Mentimun
Tidak hanya kaya akan air, mentimun juga memiliki kandungan berbagai nutrisi penting dari mulai kalsium, magnesium yang dapat membantu menurunkan demam dan memulihkan kondisi tubuh lebih cepat.
  • Apel
Apel mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang paling mudah dicerna tubuh dan berkhasiat untuk memperepat proses penyembuhan penyakit, termasuk menurunkan demam.
  • Air kelapa
Air kepala tidak hanya menyegarkan tubuh, namun kandungan ion dan mineralnya sangat ampuh untuk membantu menurunkan demam. Sehingga ketika demam, pastikan untuk tidak ragu mengonsumsi air kelapa agar tubuh cepat segar.
  • Melon
Melon kaya akan vitamin C dan E serta mengandung banyak air, sehingga membantu menyegarkan tubuh dengan cepat. Ketika kebutuhan cairan terpenuhi, maka suhu tubuh akan mudah kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar